Kerjasama dengan SMAN 1 Lawang, Prodi Sosiologi UTM Promosikan Ilmu Sosiologi Kepada Generasi Milenial

DSC02381

Dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Sosiologi UTM bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Lawang, Kabupaten Malang untuk menjalankan program “Sosiologi Mengabdi” pada tanggal 18-19 Juli 2019 di kampus SMA N 1 Lawang. Tujuan program “Sosiologi Mengabdi” kali ini untuk memberikan pelatihan social mapping tingkat dasar dan implementasinya dalam sociology everyday life bagi para siswa-siswi SMA N 1 Lawang.

DSC02429

Para dosen Sosiologi UTM yang hadir dalam acara tersebut, memberikan pelatihan bagi para siswa-siswi SMA N 1 Lawang untuk menyusun skema sosiogram, yakni semacam diagram sosial yang disusun untuk memetakan lingkungan sosial di sekitar siswa-siswi tersebut menjalani kehidupan sehari-hari. Termasuk juga menyusun sosiogram di lingkungan sekolah tempat mereka menuntut ilmu.

DSC02574

Dengan memahami dasar-dasar social mapping melalui penyusunan sosiogram maupun sociopoli, para siswa tersebut dapat lebih peka dalam memperhatikan dinamika sosial yang terjadi di lingkungan tempat tinggal mereka maupun lingkungan sekolah mereka. Harapannya, para siswa-siswi tersebut mampu tumbuh menjadi generasi milenial yang pandai bersosialisasi, cerdas membangun jaringan sosial, serta dapat berintegrasi dengan baik dengan lingkungan sosial di sekitar mereka. Meskipun di era revolusi industri 4.0 saat ini, peranan gadget sangat mendominasi pola sosialisasi dan interaksi sosial, namun bukan berarti menghilangkan kepekaan sosial untuk mengenali lingkungan sosialnya dengan baik.

DSC02520

Tujuan lain dari program “Sosiologi Mengabdi” ini adalah untuk mempromosikan berbagai dimensi ilmu sosial (terutama sosiologi) kepada generasi milenial (khususnya siswa-siswi SMA N 1 Lawang), termasuk urgensi dan relevansi mempelajari ilmu sosiologi untuk masa kini dan masa mendatang. Dengan begitu, harapannya, agar para siswa-siswi SMA N 1 Lawang yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi, tidak perlu ragu jika memilih program studi ilmu sosiologi sebagai bidang studi yang ingin mereka tekuni.

DSC02552

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *